download

DISIPLIN PENERAPAN PROTOKOL NEW NORMAL MENUJU “READY FOR SAFE TOURISM”

4 minutes

Memasuki era New Normal di tengah pandemi COVID-19, masyarakat mulai kembali menjalankan rutinitas normalnya, seperti bekerja dan berolah raga. Aktivitas-aktivitas ini dapat dilihat mulai kembali ramai dilakukan. Pusat keramaian yang telah tutup selama berbulan-bulan lalu, kembali hidup menggeliat seiring dengan kondisi New Normal ini.
Di Yogyakarta sendiri, beberapa objek titik keramaian dapat dilihat mulai dikunjungi oleh masyarakat. Objek utama seperti Tugu Yogya, Grha Sabha Permana, Malioboro dan Titik Nol Kilometer dapat dipastikan menjadi lokasi berkumpul aktivitas masyarakat, khususnya saat hari libur.
Di tengah persiapan berbagai pengelola wisata maupun area publik dalam penerapan protokol kesehatan COVID-19, banyak dijumpai warga yang masih abai untuk menerapkan protokoler kesehatan selama beraktivitas. Penggunaan masker, jaga jarak serta jaga kebersihan tubuh menjadi beberapa poin utama yang perlu ditanamkan kepada masyarakat. Supaya mulai menjadi nilai-nilai utama dalam menjalankan kehidupan di masa New Normal ini.
PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (Persero) bekerjasama dengan Grab Indonesia dan PAM Obvit Polda DIY dan didukung oleh Telkom Indonesia dan Pertamina mengadakan kegiatan kampanye “Ready for Safe Tourism”, Minggu (28/6/2020). Kegiatan ini bertujuan untuk mengajak masyarakat agar lebih sadar dan peduli terhadap pentingnya protokol kesehatan di era New Normal saat ini.
Ready for Safe Tourism merupakan suatu gerakan yang diinisiasi oleh TWC sebagai salah satu pelaku industri pariwisata di Yogyakarta, untuk mengajak masyarakat berperan aktif bersama dalam penerapan protokoler kesehatan di tempat umum, terutama pada titik-titik kumpul atau objek pariwisata di Yogyakarta.
“Banyak sekali orang yang sudah mulai berkumpul untuk beraktivitas diluar, terutama di pusat-pusat kota dan objek wisata di Yogyakarta. Kami melihat adanya kerinduan masyarakat untuk dapat kembali berwisata di Yogyakarta. Namun, banyak masyarakat masih abai dalam penerapan
Protokol New Normal, seperti kurang menjaga jarak dan belum menggunakan masker. Kegiatan Ready For Safe Tourism ini bertujuan untuk menimbulkan kesadaran masyarakat dalam penerapan Protokol New Normal saat beraktivitas di luar rumah untuk meminimalisir penyebaran Covid-19 di DIY,” Ujar Direktur Utama PT TWC, Edy Setijono.
Kampanye Ready for Safe Tourism ini dilaksanakan dengan kegiatan konvoi menggunakan GrabWheels yang diikuti oleh 50 peserta dari PT TWC, Grab, PAM Obvit dan BUMN lainnya. Dalam pelaksanaannya, kegiatan ini juga menerapkan protokol kesehatan, seperti pengecekan suhu badan peserta sebelum mulai beraktivitas, wajib menggunakan masker dan tetap physical distancing. Rute konvoi dimulai dari Universitas Gajah Mada menuju Tugu Pal Putih, Titik Nol Yogyakarta dan berakhir di Pagelaran Alun-Alun Utara Yogyakarta.
Kegiatan konvoi menggunakan grabwheels ini diikuti sebanyak 50 peserta yang berasal dari PT TWC, Grab, PAM Obvit dan sejumlah peserta yang berasal dari BUMN lain seperti Telkom dan Pertamina.
Pada setiap titik pemberhentian, warga dapat turut berpartisipasi untuk ikut kampanye protokol New Normal dengan upload foto pada virtual photobooth yang telah disediakan. Setelah itu, warga dapat upload ke media sosial masing-masing untuk mendapatkan hadiah menarik.
Dirpamobvit mengajak kepada seluruh warga untuk mendukung program pemerintah dalam upaya melaksanakan New Normal di setiap sendi kehidupan, salah satunya adalah dunia pariwisata. “Marilah kita turut mendukung upaya pemerintah dalam memberantas pandemi Covid-19, agar Indonesia dapat segera terbebas dari pandemi dan kehidupan berjalan normal kembali, termaksud sektor pariwisata.” Terang Kepala Dirpam Obvit Polda DIY.
“Objek wisata di Yogyakarta tengah bersiap untuk buka operasional, protokol kesehatan sangat penting untuk diperhatikan. Dalam hal ini, Grab sangat senang bisa turut berpartisipasi dalam mengedukasi masyarakat akan pentingnya kebersihan dan kesehatan melalui konvoi kampanye Ready for Safe Tourism PT Taman Wisata Candi dan PAM Obvit dengan GrabWheels. Untuk terus mendukung perjalanan wisata yang lebih aman selama masa new normal ini, Grab juga menghadirkan armada GrabBike Protect dan GrabCar Protect dengan fitur dan aturan keamanan terbaru, serta melengkapi kendaraan dengan partisi plastik dan peralatan kebersihan yang menjamin keamanan mitra pengemudi dan penumpang,” ungkap Oka Pasaribu, Head of Business Development West Territory, Grab Indonesia.
Acara ini diharap dapat menyadarkan masyarakat akan pentingnya penerapan protokol kesehatan dalam beraktivitas di luar rumah, sehingga industri pariwisata di Yogyakarta, dengan oaritusupasi aktif dari masyarakat, dapat bangkit dan pulih kembali. Mari kita dukung bersama gerakan Ready For Safe Tourism.