download

3 Menteri Tinjau Pengembangan Kawasan Super Prioritas Borobudur

1 minute

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan melakukan kunjungan kerja ke kawasan Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Jumat (12/3/2021).

Menko Marvest didampingi oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makariem serta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, dalam kunjungan kali ini.

Ketiga menteri mengunjungi Candi Borobudur sebagai langkah awal percepatan pengembangan kawasan wisata Candi Borobudur. Sebagaimana diketahui, Candi Borobudur masuk dalam lima Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN), atau Bali Baru, dengan status super prioritas.

Pemerintah Indonesia berkomitmen untuk menjaga keutuhan dan kelestarian Candi Borobudur sebagai peninggalan bersejarah bangsa. Hal ini diwujudkan dengan mengimplementasikan konsep pariwisata berkualitas dan berkelanjutan, mulai dari aspek aksesibilitas dan konektivitas, amenitas, dan atraksi.

Dalam kesempatan ini, rombongan juga meninjau sejumlah titik pembangunan Borobudur, di antaranya Kampung Seni Borobudur atau Lapangan Kujon, Kembanglimus Community Center, Gerbang Palbapang, Manohara Study Center dan Concourse Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.