download

PT TWC DAN KEMENSETNEG TANDATANGANI KERJA SAMA PEMANFAATAN TAMAN MINI INDONESIA INDAH

2 minutes

PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko (Persero) melakukan penandatanganan bersama Kementerian Sekretariat Negara dalam hal Kerja Sama Pemanfaatan (KSP) Taman Mini Indonesia Indah, Kamis (1/7/2021). Melalui penandatanganan ini, per 1 Juli 2021 TMII akan dikelola TWC sebagai mitra KSP dengan jangka waktu selama 25 tahun.

Penandatangan KSP TMII ini dilakukan oleh Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara Setya Utama dan Direktur Utama PT TWC Edy Setijono serta disaksikan langsung oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo, dan perwakilan dari Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan serta Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan.

Wakil Menteri BUMN II, Kartika Wirjoatmodjo, menerangkan bahwa PT TWC sebagai heritage destination management akan mentransformasi Taman Mini menjadi Indonesia Opera yang tetap mengangkat keberagaman budaya Indonesia, dengan menampilkan sisi yang lebih kekinian, relevan dan inspiratif. Kerja Sama Pemanfaatan ini diharapkan bisa membawa sumbangsih yang lebih baik terhadap negara.

“KSP yang dilakukan mengandung unsur kewajiban PNBP berupa kontribusi tetap dan kontribusi berdasarkan proporsi bagi hasil yang besarnya sudah disepakati antara kedua pihak. Dikelolanya TMII di bawah TWC dapat memberikan kontribusi yang lebih baik kepada negara,” terang Kartika Wirjoatmodjo saat memberikan sambutan pada acara tersebut.

Kemensetneg berharap di bawah pengelolaan TWC, TMII akan berubah lebih baik serta bisa menjadi cerminan keindahan serta keanekaragaman budaya di Indonesia. Indonesia pada TMII harus menjadi ultimate showcase of Indonesia.

“Semangat kita adalah bagaimana membuat taman ini indah. Saya menyebutnya The Ultimate Showcase of Indonesia. Taman ‘ultimate’ nya Indonesia indah. Bagaimana kita bisa mengembalikan kebhinekaan, keindahan budaya dan alamnya. Tentu dengan disesuaikan perkembangan terbaru,” ungkap Mensesneg Pratikno dalam sambutannya.

PT TWC telah memiliki rencana jangka pendek ataupun jangka panjang seperti community engagement, cultural entertainment, education & preservation, tourism dan international events yang akan dilakukan di wajah baru TMII sebagai Indonesia Opera.

Dirut PT TWC Edy Setijono berharap agar keberadaan Taman Mini bisa menjadi representasi keragaman dan kekayaan potensi bangsa Indonesia yang juga memikat para insan global untuk berkunjung ke Indonesia.

“Keberadaan Taman Mini diperlukan untuk melestarikan budaya dan nilai asli Indonesia serta membangun karakter bangsa dengan semangat persatuan dengan keberagaman. Melalui kerjasama pemanfaatan TMII, diharapkan tercipta sebuah landmark Indonesia yang juga mengoptimalisasi wisatawan global nantinya,” tutupnya.