download

PT TWC Sambut Pengunjung Pertama di Tahun 2022

3 minutes

PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko (Persero) memberikan apresiasi kepada 5 pengunjung pertama tahun 2022 yang berkunjung ke destinasi Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, TWC Prambanan, TWC Ratu Boko, Rama Shinta Resto serta Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Sabtu (1/1/2022).

Seremonial penyambutan wisatawan pertama ini merupakan agenda rutin yang dilakukan PT TWC sebagai bentuk terimakasih serta penghargaan atas kepercayaan wisatawan untuk menjadikan destinasi TWC sebagai tujuan wisata pilihan, terutama di saat pandemi ini.

Pengunjung pertama di tiap destinasi mendapat sambutan khusus langsung oleh GM dan jajaran manajemen lainnya. Penyambutan dilakukan secara simbolis dengan mengalungkan syal batik dari UMKM mitra binaan PT TWC serta pemberian bingkisan menarik bagi pengunjung pertama ini.

Di TWC Borobudur serta TWC Prambanan, lima pengunjung pertama juga diajak untuk menanam pohon di zona II destinasi Taman Wisata Candi ini. Kegiatan menanam pohon ini sejalan dengan agenda go green PT TWC di tahun 2022 serta mengkampanyekan green industry yang menjadi tema besar pada perhelatan Presidensi G-20 Indonesia 2022 mendatang.

“Destinasi kami (TWC Borobudur, Prambanan dan TMII) menjadi bagian dari pelaksanaan G-20 mendatang. Dalam penyambutan ini, kami ajak pengunjung untuk mengkampanyekan green tourism. Kita berharap kunjungan awal ini menjadi semangat dalam menyelenggarakan kegiatan wisata di tahun 2022 ini,” terang GM TWC Borobudur Aryono Hendro Malyanto, di Magelang, Jawa Tengah.

Pengunjung TWC Borobudur berkesempatan menanam Pohon Pranajiwa. Sementara pengunjung kawasan TWC Prambanan menanam Pohon Kepel. Tanaman ini menjadi identitas dari Daerah Istimewa Yogyakarta.

“Penanaman ini selain sebagai bentuk komitmen TWC untuk menegaskan green tourism dalam tiap aktivitasnya, juga sebagai bentuk pengikat antara destinasi dengan pengunjung. Agar nanti harapannya, lima atau sepuluh tahun yang akan datang mereka ingat, pernah menanam di Prambanan, sehingga bisa datang lagi ke sini,” terang GM TWC Prambanan Jamaludin Mawardi.

Salah satu pengujung pertama Taman Wisata Candi Borobudur, Boyman Harefa (40 tahun) sumringah bisa mendapat kesempatan menanam pohon di Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) ini. “Kami tidak menyangka dan senang bisa melakukan penanaman di sini, sebagai penanda pernah berkunjung ke sini. Destinasi yang luar biasa,” ungkap pria dari Jepara, Jawa Tengah ini.

Pengunjung pertama TWC Borobudur lainnya, Alma (32 tahun) tak menyangka bakal mendapatkan penyambutan khusus ini. “Saya beserta keluarga merasa terhormat sekali. Kami sangat terkesan penyambutannya untuk anak saya, untuk keluarga saya,” ujar pria asal Garut, Jawa Barat ini,

Pengunjung pertama TWC Prambanan, Susi Hidayati mengaku telah merencanakan berwisata untuk menikmati Candi Prambanan di pagi hari. “Penasaran setelah baca di website ada paket Pruputan Prambanan. Kami datang ke sini dan ternyata menjadi pengunjung pertama,” ungkap ibu tiga anak yang berasal dari Surabaya ini.

Dirinya berharap melalui kedatangannya bisa mengenalkan kemegahan Candi Prambanan kepada anak-anaknya. “Terutama setelah melakukan penanaman pohon ini, kami jadi ada keterikatan dengan tempat ini, sehingga di kemudian hari bisa kembali lagi ke tempat ini,” ungkapnya.

Di TMII, wisatawan pertama yang berkunjung mendapat souvenir boneka NITRA yang merupakan maskot TMII. Selain itu pengunjung juga disambut dengan pertunjukan alat musik Dol dan Boneka Seni.

Tiga orang wisatawan yang beruntung yaitu Vidya dari Bekasi Timur, Yus dari Tangerang, dan Azizah dari Cikarang. Ketiga wisatawan pertama ini juga mendapatkan tiket gratis untuk berkunjung ke Taman Burung, Dunia Air Tawar, dan Teater IMAX Keong Emas.

“Saya atas nama pimpinan TMII mengucapkan selamat atas terpilihnya bapak ibu sekalian sebagai tiga pengunjung pertama yang masuk ke TMII di tahun 2022,” ungkap Direktur Eksekutif TMII I Gusti Putu Ngurah Sedana.