download

Presiden Joko Widodo Meninjau Destinasi Wisata Candi Borobudur

2 minutes

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, yang menjadi salah satu destinasi yang dikunjungi delegasi Presidensi G20 Indonesia 2022. Rombongan kepresidenan tiba di kompleks Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur sekitar pukul 14.00 WIB. Mereka masuk melalui pintu khusus VVIP.

Selama kunjungan, pengelola TWC menutup seluruh area Candi Borobudur untuk wisatawan. “Kami tutup mulai pukul 12.00 untuk wisatawan, sampai selesai kunjungan Pak Presiden Jokowi,” terang Direktur Teknik dan Infrastruktur PT TWC Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko Mardijono Nugroho, Rabu (30/3/2022).

Dalam kunjungan ini, Presiden RI Joko Widodo mengatakan bahwa pemerintah Pemerintah terus memperbaiki infrastruktur dan mempercantik kawasan Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah, sebagai salah satu destinasi wisata prioritas di Indonesia. Selama dua tahun terakhir, perbaikan besar terus dikerjakan oleh pemerintah.

“Dalam dua tahun ini memang kita melakukan perbaikan besar terhadap lingkungan di Candi Borobudur, baik jalan-jalan di sekitar Borobudur yang kita perlebar, kemudian juga di dalam Borobudurnya sendiri, untuk masuk ke arah candi juga kita percantik. Apapun ini adalah salah satu dari destinasi wisata prioritas yang ingin kita perbaiki,” ujar Presiden dalam keterangannya selepas peninjauan.

Selain dari sisi infrastruktur, Kepala Negara juga memandang penting penyelenggaraan ajang-ajang seni budaya secara rutin di destinasi wisata Tanah Air, termasuk Candi Borobudur. Menurutnya, pagelaran seni tersebut akan dapat menarik banyak wisatawan untuk mengunjungi Indonesia.

“Juga yang paling penting adanya event seni budaya yang rutin, seni pertunjukan yang rutin yang terus digelar di lokasi-lokasi destinasi wisata kita, termasuk di dalamnya Borobudur, harus terus dilakukan sehingga akan menarik lebih banyak lagi wisatawan untuk datang ke Indonesia,” imbuhnya.