download

Dukung Pengembangan Sarana Teknologi TWC Salurkan Laptop & Komputer

3 minutes

Pandemi Covid-19 yang terjadi dua tahun terakhir ini turut memberi dampak ke berbagai sektor, salah satunya sektor pendidikan. Proses pembelajaran secara daring marak dilakukan. Sementara sarana dan prasarana pendukung di sekolah masih terbatas. Terlebih, jadwal ujian kian mendekat.

PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko melalui divisi Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) menyalurkan dua unit computer jinjing kepada SD Negeri 2 Bogem, Kalasan, Sleman, Yogyakarta. Bantuan ini dilakukan untuk menunjang proses pembelajaran siswa, terutama di saat menjelang ujian nasional ini.

Bantuan laptop dengan spesifikasi prosesor Intel Celeron dengan RAM 4 GB ini diserahkan langsung oleh Plt TJSL & SME Founding Manager Ismiyati dan diterima oleh Kepala Sekolah SD N 2 Bogem, Kalasan, Sri Yatmi, Kamis (7/4/2022).

TJSL TWC ikut melaksanakan program pemerintah untuk mendorong pencapaian tujuan dan sasaran pembangunan berkelanjutan dalam era Sustainable Development Goals (SDGs) hingga 2030. Pendidikan berkualitas dengan ikut menjamin inklusifitas dan pemerataan akses pendidikan dilakukan untuk meningkatkan indeks pembangunan manusia Indonesia.

“Bantuan ini sesuai dengan nilai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) untuk mendukung proses pembelajaran di sekolah, yang mayoritas bergantung pada sistem daring. Kami dari TWC mendukung sesuai dengan kemapuan perusahaan yang masih terdampak pandemi ini, terutama bagi lingkungan di sekitar perusahaan,” terang Ismiyati.

Kepala Sekolah SD N 2 Bogem Sri Yatmi mengatakan bahwa bantuan laptop ini sangat membantu operasional sekolahnya, terutama untuk menghadapi ujian sekolah berbasis Komputer yang akan segera menjelang. Laptop-laptop ini nantinya dipergunakan sebagai salah satu sarana mengerjakan ujian yang berlangsung pada bulan April ini.

“Kami melaksanakan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) secara mandiri. Namun, kemarin kami kekurangan sarana laptop. Kami rencana mau meminjam kepada orang tua wali. Namun, karena bantuan ini, maka sarana untuk ujian kelas enam sudah terpenuhi,” ucapnya.

SD N 2 Bogem melaksanakan ANBK secara mandiri. Belasan komputer yang ada di ruang komputer sekolah, dipakai secara bergantian melalui penjadwalan. “Kelas enam berjumlah 27 murid, maka dibagi jadwal pagi 13 siswa dan siang 14 siswa. Sementara kalua laptop kurang, maka tambah jadwal lagi yang memberatkan siswa,” lanjut Sri Yatmi.

Selain menyalurkan laptop kepada instansi pendidikan, TJSL TWC juga menyalurkan satu perangkat komputer kepada Koramil 09/Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Bantuan diterima langsung oleh Danramil 09/Prambanan Kapten Inf Tony Hidayanto.

“Bantuan ini mudah-mudahan bisa mendukung pekerjaan kita yang sekarang ini di era sekarang ini memerlukan komputer dan aplikasi. Sementara, jika menggunakan ponsel, terus terang aja pekerjaan kita tidak tercover, jadi banyak kekurangan yang tidak terdukung,” ungkapnya.

Sementara Plt TJSL & SME Founding Manager Ismiyati mengatakan bahwa bantuan ini merupakan apresiasi sinergi yang telah terjalin antara TWC dengan Koramil 09/Prambanan, Sleman, terutama di saat pandemi Covid-19.

“Semoga, sinergi dalam prosedur pengamanan salah satu objek vital negara Candi Prambanan ini tetap terus terjalin,” tutupnya.