download

Balkonjazz Festival 2022 Dukung Pemulihan Perekonomian Masyarakat di Kawasan Borobudur

3 minutes

Balkonjazz Festival hadir di Gasblock Balkondes PGN Karangrejo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Sabtu, 14 Mei 2022. Festival musik bernuansa pedesaan di kawasan Borobudur ini dimeriahkan oleh penampilan Kahitna, Pamungkas, Rendy Pandugo, Adhitia Sofyan, Dere, Juicy Luicy, Raissa Anggaini, Coldiac, dan Megantoro. Festival itu juga menjadi ruang untuk memperkenalkan sekaligus memasarkan produk lokal para pegiat ekonomi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) serta mempromosikan destinasi lokal yang berada di sekitar wilayah Candi Borobudur.

“Balkonjazz Festival ini menjadi aktivitas nyata dalam mendukung dan mengembangkan ekonomi masyarakat yang mandiri serta ramah lingkungan,” tutur Sekretaris Perusahaan PT Pertamina Gas Negara (PGN) Tbk, Rachmat Hutama pada konferensi pers di Truntum Café Gasblock Balkondes PGN Karangrejo, Borobudur, Magelang, Jumat (13/5/2022).

Wakil Direktur Utama PT Aviasi Pariwisata Indonesia sekaligus mewakili InJourney Festival Edwin Hidayat Abdullah memberikan dukungan terhadap kesuksesan Balkonjazz Festival 2022. Sebagai ekosistem holding di sektor aviasi dan pariwisata di Indonesia, Edwin mengatakan, InJourney merasa kolaborasi dengan event semacam ini menjadi sangat penting.

“Di sini menjadi penting usaha-usaha yang dapat membangkitkan kembali sektor pariwisata, salah satunya melalui penyelenggaraan event seperti Balkonjazz Festival yang rasanya dapat diduplikasi dengan atmosfer di destinasi lainnya seperti Danau Toba, Likupang, Labuan Bajo, maupun Mandalika,” katanya.

Direktur Utama PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko Edy Setijono mengatakan Balkonjazz Festival sebagai salah satu usaha nyata dalam memperkenalkan destinasi non candi. Borobudur sebagai salah satu dari 5 Destinasi Super Prioritas Indonesia, menurut Edy, pengembangan pariwisatanya tidak hanya boleh terpusat pada satu tempat maupun wisata candi saja.

Sejalan dengan visi TWC sebagai Indonesian Heritage Management Corporation, penyelenggaraan Balkonjazz Festival masih dalam satu semangat yang sama untuk mengembangkan destinasi wisata di kawasan Borobudur.

“Tentunya ke depan, Balkonjazz Festival ini juga bisa menarasikan maupun memperkenalkan kepada publik kearifan lokal maupun potensi heritage yang ada di tempat penyelenggaraannya,” kata dia.

Founder Balkonjazz Festival sekaligus promotor dari Sinergi Live Bakkar Wibowo menjelaskan festival ini untuk mendukung tumbuhnya geliat ekonomi masyarakat lokal melalui pertunjukkan hiburan. Ia merasa keterlibatan dan partisipasi masyarakat lokal menjadi sangat perlu dilibatkan. Hal ini diwujudkan dengan menghadikan Pasar Balkon.

“Kami menghadirkannya Pasar Balkon yang telah melekat dengan Balkonjazz Festival. Pasar ini diperuntukkan dan dikelola secara khusus oleh warga lokal untuk menjual semua hasil produk masyarakat setempat. Di sinilah kelak munculnya sinergi dari sebuah pesta hiburan yang memberikan manfaat kepada masyarakat lokal,” tuturnya.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Direktur Bhiva Indonesia Jatmika Budi Santoso.yang berharap perhelatan Balkonjazz Festival bisa menjadi ritual tahunan yang selalu dinantikan para penikmat musik dan juga pegiat ekonomi lokal. “Kini kami berharap tren Covid-19 akan terus melandai sehingga membuat aktivitas para seniman dan pekerja kreatif akan semakin tumbuh. Di sinilah komitmen kami untuk mengembangkan bisnis destinasi dan MICE akan terus bergeliat,” ujarnya.