download

Kembangkan Wisata Spiritual, PT TWC Adakan Full Moon Meditation

2 minutes

PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko bekerja sama dengan Majelis Agama Buddha Mahanikaya Indonesia (MBMI) menyelenggarakan acara Full Moon Meditation di halaman Manohara Borobudur Study Center, Kompleks Taman Wisata Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (17/9/2022). 

Kegiatan ini diikuti oleh sejumlah peserta yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia seperti dari Jakarta, Tangerang, Jogja, dan lainnya. Dalam meditasi ini juga dilakukan penyalaan lilin dalam konfigurasi full moon yang di tengahnya diberi bola kristal sebagai perlambang bulan.

VP Sales & Marketing PT TWC Pujo Suwarno mengatakan bahwa agenda ini merupakan respon dari adanya MoU Pemanfaatan Candi Borobudur dan Prambanan yang ditandatangani oleh empat menteri dan dua gubernur.

“Kami mulai mengemas dan sudah diawali dengan menggandeng MBMI. Ini menjadi starting point wisata religi di Borobudur,” katanya.

Ketua Umum MBMI, Agus Jaya, mengatakan kegiatan full moon meditation ini baru pertama kali dilaksanakan di Candi Borobudur. Kegiatan uji coba ini terbuka bagi seluruh pihak yang ingin menikmati suasana spiritual di kawasan candi Buddha terbesar itu.

“Ke 41 peserta terdiri dari berbagai kalangan dan kita tidak melihat agamanya. Kita membuat program ini universal sekali,” kata Agus, Sabtu (17/9/2022).

Agus berharap, ke depannya full moon meditation juga bisa diikuti para turis mancanegara. “Kita pinginnya full moon meditation ini bisa datangin dari mancanegara biar sebagai pendapatan devisa negara. Ini dipimpin Majelis Agama Buddha Mahanikaya Indonesia,” tuturnya.

Menurut Agus, meditasi saat bulan purnama penuh bisa menghadirkan ketenangan batin dan energi positif. Hal ini tentunya akan berpengaruh pada kesehatan individu. 

“Meditasi di saat bulan purnama akan  menumbuhkan ketenangan batin yang mengalirkan energi positif buat kita. Baik untuk kesehatan, maupun menumbuhkan kemudahan-kemudahan yang kita inginkan,” pungkasnya.