download

Kolaborasi PT TWC & AJE ASEAN Wujudkan Green Tourism di Kawasan Borobudur

3 minutes

PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko berkolaborasi dengan AJE ASEAN mengoptimalisasi pengembangan green tourism di destinasi Taman Wisata Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Perjanjian Kerja Sama ini ditandatangani langsung oleh Direktur Pemasaran, Pelayanan dan Pengembangan Usaha PT TWC Hetty Herawati dan Presiden Direktur AJE ASEAN Fabian Daniel Mosquera Vera di Manohara Borobudur Study Center, Magelang, Jaw Tengah, Selasa (25/10/2022).

Dalam kerja sama ini, PT TWC dan AJE ASEAN berkolaborasi dalam penanganan sampah yang ada di destinasi dengan beberapa program kerja, antara lain konten edukasi, aktivasi pengolahan sampah yang profesional, dan melakukan pembinaan (empowerment community) agar limbah bisa bermanfaat dan menghasilkan nilai lebih.

Direktur Pemasaran, Pelayanan dan Pengembangan Usaha PT TWC Hetty Herawati mengatakan permasalah sampah menjadi perhatian khusus bagi pihak pengelola candi. Melalui kerjasama ini, maka pengelolaan sampah di kawasan Borobudur diharapkan bisa lebih maksimal.

“Di kawasan Taman Wisata Candi Borobudur menghasilkan 4 ton sampah per hari. Ini harus dilakukan tuntas. Nantinya, dengan kerjasama ini akan dibangun fasilitas pengelolahan sampah, terutama sampah kayu dan plastik. Selama ini PT TWC hanya bisa mengelola sampah organik yang sudah dikelola sendiri,” ungkapnya.

Dalam kolaborasi TWC dan AJE Indonesia ini, akan dilaksanakan workshop dan pelatihan mengenai pengolahan sampah/limbah menjadi souvenir dan eco-enzyme.

“Harapan kami program ini bisa berkelanjutan untuk mewujudkan Sustainable Tourism dalam mendukung Candi Borobudur sebagai Destinasi Pariwisata Super Prioritas,” lanjutnya.

Program green tourism ini menjadi salah satu upaya PT TWC untuk menjaga kelestarian candi dan mewujudkan keseimbangan ekosistem dalam satu kawasan. Program ini untuk menggerakkan program Wisata Hijau menuju Sustainable Tourism.

Wisatawan bakal diajarkan cara mengelola sampah organik hingga memanfaatkan sampah plastik menjadi seni kriya bertema Candi Borobudur. PT TWC menggandeng masyarakat dan seniman lokal sebagai bagian dari program pemberdayaan masyarakat. Atraksi Edukriya yang sudah berjalan di libur Lebaran tahun 2022 ini, nantinya akan kembali dilaksanakan pada libur Natal dan Tahun Baru, mengingat animo masyarakat yang cukup tinggi.

“Wisatawan akan diajak melihat dan praktik membuat aneka kerajinan berbahan dasar plastik, dengan mengambil inspirasi Candi Borobudur, sehingga ada nilai historis dan storytelling-nya,” ujarnya.

Presiden Direktur AJE ASEAN, Fabian Daniel Mosquera Vera, mengapresiasi pangkah PT TWC dalam pengelolaan limbah yang ada di destinasinya. AJE ASEAN berkomitmen berkolaborasi dalam bentuk kerja sama mencakup promosi, kampanye hijau bersama, dan proyek pengelolaan sampah.

“Kami (dengan TWC) sudah bekerja sama dan sangat akrab sekitar 6 bulan, dengan proyek dimulai dengan menangani sampah. Kerja sama tidak hanya soal penanganan sampah juga tentang tiga isu lainnya salah satunya go green itu membantu kami agar tetap aktif di komunitas ini,” ujarnya.