download

JOGJA MENARI II DI CANDI PRAMBANAN, LESTARIKAN SENI BUDAYA KEARIFAN LOKAL INDONESIA

1 minute

Melandainya pandemi menjadi bara pemicu lahirnya pertunjukan-pertunjukan karya seni budaya nan monumental. Semangat kebersamaan dan persatuan kembali digaungkan untuk menunjang pertumbuhan dunia pariwisata yang semakin berkembang pascapandemi.


Sebanyak 5.142 peserta dari berbagai penjuru nusantara terlibat dalam Festival Jogja Menari 2022 yang digelar di lapangan Siwa, kompleks Taman Wisata Candi Prambanan, Minggu (18/12). Bertemakan “Nusantara Harmoni” yang memiliki arti sebuah karya tari baru memadukan unsur gerakan dan iringan dari Yogyakarta, Aceh, Betawi, Kalimantan, Sulawesi, Bali, Maluku hingga Papua, para peserta tampil dalam berbagai bentuk keragaman yang indah. Tarian ini membawa makna semangat kebangkitan bersama Indonesia setelah melewati masa pandemi menuju Indonesia baru.

Festival Jogja Menari ini bisa menggerakkan perekonomian dari sektor pariwisata. Selain itu, event ini juga bisa dikembangkan menjadi event internasional yang berpeluang memberi dampak kunjungan wisatawan mancanegara dan juga devisa bagi negara.

Turut hadir juga untuk mendukung dan memeriahkan Festival Jogja Menari diantaranya Menteri Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggaraan Kegiatan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta.