download

Museum Kapal Samudraraksa Raih Penghargaan “Museum Adaptasi Baru” Terbaik dari Indonesia Museum Award 2022

1 minute

Museum Kapal Samudraraksa meraih penghargaan pada Indonesia Museum Award 2022 untuk kategori Museum Adaptasi Baru Terbaik. PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (PT TWC) berkomitmen memajukan permuseuman Indonesia dengan menghadirkan museum yang digemari dan relevan oleh generasi muda Indonesia.

Museum Kapal Samudraraksa merupakan ruang memori kolektif bagi dunia maritim di Indonesia. Museum ini menyusun kepingan sejarah bahari Nusantara yang divisualisasikan secara digital dan atraktif bagi generasi muda. Berisi replika Kapal Samudraraksa dan koleksi bersejarah yang menceritakan kejayaan maritim bangsa Indonesia.

Replika kapal Samudraraksa diambil dari relief Candi Borobudur yaitu relief Jataka – Avadana panel 86 berupa gambar kapal yang telah dilengkapi dengan layar dan cadik sebagai penyeimbang sekaligus penahan ombak. Pada tahun 2003, Replika kapal tersebut diwujudkan untuk melakukan pelayaran menyusuri jalur rempah-rempah dari Indonesia menuju ke Madagaskar dan Ghana.

Pada tahun 2018, museum ini menghadirkan sinema interaktif “Petualangan Raka” berupa animasi tiga dimensi yang diputar di layar LED. Para pengunjung khususnya anak-anak diajak untuk mengenal cerita kemaritiman Indonesia lebih menarik dan interaktif.