download

Ajak Keluarga ke Candi Prambanan, Presiden Joko Widodo Promosikan Wisata Edukatif

1 minute

Candi Prambanan merupakan salah satu destinasi wisata dalam negeri yang bisa menjadi alternatif liburan bagi masyarakat. Kemegahan Candi Prambanan sebagai salah satu nilai sejarah Indonesia menjadi daya tarik bagi masyarakat datang berkunjung. Aktivitas berwisata yang dikemas dengan nilai-nilai edukasi nan rekreatif menjadi pengalaman yang menyenangkan sekaligus tak terlupakan.

Hal serupa turut digaungkan oleh Presiden RI Joko Widodo melalui pemerintah di daerah untuk menggalakan pariwisata dalam negeri karena potensinya yang besar. Bersama Ibu Iriana Joko Widodo dan ditemani oleh Putra Sulungnya, Gibran Rakabuming Raka dan keluarga, Presiden RI Joko Widodo menghabiskan akhir pekan di Candi Prambanan, Sabtu (7/1).

Dipandu oleh Ibu Manggar Sari, Kepala Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah X Kemendikbudristek, ketiga cucu Presiden RI Joko Widodo antusias dalam mengenal sejarah melalui cerita dibalik relief Candi Prambanan. Mereka berkeliling kawasan percandian yang menurut prasasti Siwagrha, mulai dibangun tahun 850 masehi oleh raja Mataram Kuno Rakai Pikatan.

Wisata edukasi menjadi salah satu nilai utama yang disematkan pada pariwisata berkualitas. Pariwisata tidak hanya dijadikan sebagai media hiburan, namun juga mengenal nilai-nilai luhur budaya bangsa. Upaya ini menjadi salah satu usaha untuk turut membangkitkan kembali pariwisata Indonesia.