download

Kegiatan Ibu Negara dan Anggota OASE bersama Para Pelajar  di Candi Borobudur

2 minutes

Candi Borobudur sebagai salah satu Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) menjadi penggerak ekosistem pariwisata Indonesia, diantaranya melalui penerapan green tourism dan sustainable tourism. Guna mewujudkan hal tersebut, TWC sebagai pengelola berupaya penuh memberikan layanan serta kegiatan yang berkualitas untuk pariwisata berkualitas dan berkelanjutan.

Selaras dengan hal tersebut, Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Ibu Wury Ma’ruf Amin bersama anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era (OASE) Kabinet Indonesia Maju melakukan senam sehat, memilah sampah dan gerakan cuci tangan pakai sabun di Marga Utama, Taman Wisata Candi Borobudur, Magelang, Rabu (1/2/2023). Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka menggalakan pola hidup bersih, sehat dan peduli lingkungan sejak dini untuk mendukung terwujudnya kehidupan yang sejahtera di Indonesia.

Kegiatan yang diikuti oleh ratusan siswa sekolah di Magelang dan sekitarnya ini diawali senam bersama 500 siswa SMP dan SMA beserta seluruh anggota OASE. Usai senam bersama, para siswa mendapat sosialisasi cara memilah sampah dan fungsinya bagi lingkungan sekitar. 

Kegiatan dilanjutkan bersama  siswa taman kanak-kanak untuk  kampanye cuci tangan pakai sabun sebagai bagian dari kampanye menjaga kebersihan diri.  Selain menjaga kebersihan diri, pada kesempatan tersebut juga diperagakan cara mengolah sampah plastik menjadi kerajinan edukatif. 

Ibu Iriana Joko Widodo dan Ibu Mury Ma’aruf Amin turut mencoba membuat kerajinan edukatifnya bersama dengan siswa SD dari sekitar kawasan Borobudur. Aktivitas ini mengkampanyekan semangat go green dengan mengurangi sampah terbuang menjadi bahan yang bermanfaat, khususnya untuk membuat kerajinan, seperti kaligrafi dan stupa.

Kegiatan ditutup dengan penanaman pohon di Taman Aksobya kompleks TWC Borobudur. Aksi ini rangkaian Gerakan Nasional Penanaman 1000 Pohon Buah yang digelar di 34 provinsi Indonesia.