download

Ragam Pengalaman Berwisata di Destinasi Taman Wisata Candi pada ASEAN Tourism Forum 202

2 minutes

Rangkaian ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023 telah dilaksanakan di Yogyakarta pada tanggal 3 – 5 Februari 2023. Pada agenda ini, PT TWC mendapatkan kehormatan untuk menjadi salah satu tempat pelaksanaan agenda tersebut. Ragam pengalaman dihadirkan untuk menampilkan keragaman seni budaya dan keindahan destinasi wisata. Hal ini diharapkan bisa menjadi sarana promosi pariwisata dan ekonomi kreatif yang mendorong pertumbuhan perekonomian Indonesia.

Opening Ceremony ATF 2023 dilaksanakan di Open Air Theater Ramayana Ballet Prambanan. Para delegasi disambut oleh 1.000 penari Dolalak, dari Purworejo, yang merupakan tari wujud akulturasi yang mengadopsi gerak dansa dan pencak silat Jawa Tengah diiringi sejumlah alat musik seperti jidhur, kendang dan terbang.

Setelah itu, para delegasi kembali disuguhkan tarian “Dewa Ruci” yang berasal dari Yogyakarta. Tarian ini menggambarkan kepatuhan seorang murid kepada guru, kemandirian dan perjuangan menemukan jati diri. Pembukaan ATF 2023 ditandai dengan pemukulan gong oleh Wakil Presiden RI Bapak Ma’aruf Amin didampingi oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sekretaris Jenderal ASEAN dan Wakil Gubernur DIY.

Pembukaan ATF diakhiri pertunjukan Sendratari Ramayana yang menceritakan kisah cinta antara Rama dan Shinta. Dia akhir cerita, adegan Hanoman Obong berlatar yang membuat kagum delegasi dan tamu undangan. 

Kegiatan berikutnya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Uni mengajak delegasi mengikuti wellness tourism melalui yoga sambil melihat kemegahan Candi Borobudur dari Bukit Dagi di kompleks Candi Borobudur.

Delegasi juga menikmati sajian khas Manohara Borobudur yang terinspirasi dari relief Candi Borobudur untuk mendapatkan pengalaman gastronomi yang otentik dan berkesan. Pada kunjungannya ke Candi Borobudur, para delegasi dikenalkan dengan sandal upanat yang dirancang khusus bagi wisatawan yang akan naik ke struktur Candi Borobudur. Hal ini bentuk upaya manjaga kelestarian monumen Candi Borobudur