download

TWC Berbagi Salurkan 3300 Paket Sembako Kepada Warga di Kawasan Destinasi Taman Wisata Candi dan Taman Mini Indonesia Indah

4 minutes

PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (PT TWC) menyalurkan sejumlah 3300 paket sembako kepada masyarakat pra sejahtera di sekitar destinasi wisata yang dikelolanya, antara lain Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, TWC Prambanan, TWC Ratu Boko dan juga Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Kegiatan reguler yang digelar tiap bulan Ramadhan menjelang hari raya Idul Fitri ini merupakan salah satu program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) PT TWC. Program ini sesuai dengan pilar pembangunan sosial pada Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan yang bertujuan membantu pemenuhan kebutuhan rumah tangga, terutama menjelang hari raya Idul Fitri.

Bantuan bahan pokok terdiri dari, beras, minyak goreng, gula pasir, mie instan, teh celup, kecap meja, dan kue kering. Penerima paket sembako meliputi sejumlah 1.300 warga di kecamatan Borobudur; 975 warga dari tujuh desa di Prambanan, Klaten; 655 warga Prambanan dan Kalasan, Sleman; serta 500 warga di sekitar TMII, Jakarta.

Selain warga masyarakat pra sejahtera dari desa-desa di kawasan destinasi, paket sembako juga disalurkan kepada paguyuban tuna netra dan komunitas becak yang berada di sekitar destinasi. Program ini berperan dalam meningkatkan kesejahteraan warga masyarakat di sekitar destinasi Taman Wisata Candi.

Program bertajuk TWC Berbagi di kawasan Prambanan dibuka secara simbolis oleh Direktur Keuangan, Manajemen Resiko dan SDM PT TWC Mohamad Nur Sodiq didampingi oleh Corporate Secretary PT TWC Ay Suhartanto dan TJSL & SME Founding Manager PT TWC Ismiyati di halaman Masjid Al Iksan, kompleks Unit Teater & Pentas Ramayana Prambanan, Sleman, Yogyakarta, Rabu (12/4/2023).

“Pada momen Ramadhan sekaligus menyambut hari raya Idul Fitri 1444 H ini, kami ingin berbagi kebahagiaan kepada masyarakat sekitar. Sebagai salah satu BUMN yang bergerak dalam pengelolaan destinasi heritage di Indonesia, kami ingin selalu hadir di masyarakat serta turut membantu meringankan beban sosial ekonomi mereka. Semoga langkah ini bisa kita capai bersama sehingga kita bisa merayakan Idul Fitri secara sempurna,” jelas Mohamad Nur Sodiq, Direktur Keuangan, Manajemen Resiko dan SDM PT TWC.

Camat Prambanan, Klaten, Puspo Enggar Astuti mengapresiasi program PT TWC yang telah konsisten untuk membantu masyarakat mencukupi kebutuhan pokok dalam menyambut hari raya Idul Fitri tahun ini.

“PT TWC sudah rutin sejak beberapa tahun lalu, bahkan pada saat pandemi, PT TWC masih terus aktif berkontribusi bagi masyarakat sekalipun kondisinya pariwisata sedang turun. Terima kasih atas 1600 paket sembako yang diberikan kepada masyarakat kami. Semoga tahun 2023 bangkit menjadi lebih baik, wisatawan dapat kembali pulih, dan pembafaatan fasilitas di sekitar kawasan juga meningkat untuk peningkatan perekonomian sekitar,” terangnya.

Salah satu warga, Sarwidi (55 tahun), mengatakan bahwa bantuan ini turuut mebantu memenuhi kebutuhan pokok keluarganya. Pria difabel tuna netra ini berharap bantuan seperti ini bisa terus dilakukan, sehingga keberadaan PT TWC bisa bermanfaat bagi lingkungan sekitar.

“Tentu saja ini bermanfaat bagi masyarakat di sekitar twc, terutama menjelang lebaran. Ini cukup membantu memenuhi kebutuhan dan semoga bantuan ini bisa berlanjut terus sehingga keberadaan TWC bisa bermanfaat bagi masyarakat,” kata warga Kokosan, Prambanan, Klaten ini.

Program Tanggung Jawab Sosial (TJSL) TWC Berbagi Pembagian Bingkisan Ramadhan 1444 H kawasan Borobudur dilaksanakan di area Kantor Unit Taman Wisata Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah (12/4/2023). Kegiatan seremonial dihadiri oleh Direktur Operasi dan Pengembangan Infrastruktur PT TWC Mardijono Nugroho, Camat Borobudur Subiyanto serta jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkompincam) Borobudur.

“Merupakan kebahagiaan bagi PT TWC, tahun ini kembali dapat berbagi dengan warga masyarakat sekitar Borobudur. Setidaknya 1.300 Paket Bingkisan Ramadhan hari ini kami bagikan kepada warga, semoga berkah dan memberikan manfaat. Mohon doa dan restu dari Bapak Ibu semuanya, semoga PT TWC dapat terus berbagi dan memberikan kemanfaatan bagi lingkungan dan masyarakat sekitar”, tutur Mardijono Nugroho, Direktur Operasi dan Pengembangan Infrastruktur PT TWC.

Sementara itu Camat Borobudur Subiyanto yang hadir juga mengucapkan terima kasih kepada PT TWC. Melalui bantuan ini, diharapkan bisa ikut serta menjaga stabilitas sosial dan keamanan masyarakat di kawasan Borobudur.

“PT TWC hari ini melakukan penyerahan paket sembako. Terima kasih kepada PT TWC sudah memberikan bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) ke masyarakat. Kita doakan semoga pelayanan libur Lebaran tahun ini berjalan baik dan lancar, sukses dari sisi keselamatan, keamanan dan angka kunjungan pariwisata. Kita bersama-sama menjaga stabilitas keamanan kawasan Borobudur. Mari kita semua menjadi tuan rumah yang baik dalam penyelenggaraan pariwisata berkualitas dan berkelanjutan. Masyarakat harus mendukung kualitas layanan pariwisata Borobudur, sehingga kunjungan terus meningkat dan memberi dampak ekonomi bagi masyarakat”, kata Subiyanto, Camat Borobudur.

Selain penyaluran sembako kepada masyarakat, di bulan Ramadhan ini, PT TWC melalui program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) juga menyalurkan bantuan paket sembako kepada beberapa panti asuhan yang ada di di Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah.

Di tahun 2023 ini, PT TWC juga melakukan berbagai program pemberdayaan di bidang pendidikan, kesehatan, lingkungan, budaya dan ekonomi. Hal ini bertujuan menghantarkan masyarakat agar memiliki kehidupan yang lebih sejahtera.

“Semoga nafas ‘Heritage in Harmony’ yang digaungkan PT TWC pada moment Ramadhan ini, juga bisa memberi manfaat bagi saudara-saudara kita sekaligus mempererat jalinan tali silaturahmi, serta meringankan saudara-saudara kita dalam mempersiapkan kebutuhan lebaran nanti,” pungkas Mardijono Nugroho.