download

Kolaborasi TWC dan Institusi Pendidikan, Hadirkan Edukasi Wisata Go Green

1 minute

Penerapan nilai-nilai pariwisata berkualitas menghadirkan destinasi tak sekedar tempat bersuka ria dengan berbagai aktivitas menyenangkannya. Namun, juga menjadi sarana edukasi, termasuk untuk meningkatkan kesadaran terhadap pelestarian lingkungan.

Langkah ini dilakukan oleh PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko yang menggandeng SMA I Kalasan, Sleman, untuk berpartisipasi mewujudkan destinasi yang asri dan nyaman bagi wisatawan. Usaha ini dilakukan untuk mengenalkan siswa agar mencintai lingkungan di sekitar sekolahannya, terutama kawasan heritage yang menjadi tujuan pariwisata dunia. 

Kegiatan yang diikuti oleh 730 siswa dari kelas I sampai dengan III SMA ini dilakukan di area lapangan Wisnu, Brahma dan Analana TWC Prambanan. Gerakan Kebersihan Lingkungan Masyarakat ini digaungkan oleh SMA 1 Kalasan sebagai bagian dari program Sekolah Adiwiyata yang bertujuan mendorong kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup.

Program sekolah Adiwiyata mendorong dan mendukung program pelestarian lingkungan hidup dalam pembangunan yang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan demi kepentingan generasi yang akan datang. Dalam acara ini juga dilakukan penanaman pohon yang dilakukan di kawasan TWC Prambanan sebagai bentuk partisipasi menghijaukan kawasan heritage serta merayakan Hari Gerakan Satu Juta Pohon.