download

PT TWC Salurkan Air Bersih Bagi Warga yang Terdampak Kekeringan di Kawasan Borobudur

3 minutes

PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (TWC) menyalurkan bantuan air bersih sebanyak 112 ribu liter kepada masyarakat di delapan desa di kawasan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Bantuan ini merupakan wujud Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) yang bertujuan untuk meringankan beban warga, terutama dalam pemenuhan kebutuhan pokok berupa air bersih untuk kehidupan sehari-hari.

PT TWC berkoordinasi dengan relawan Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) Kecamatan Borobudur untuk menyalurkan air bersih ke 25 dusun di delapan desa yang meliputi Desa Wringinputih, Tegalarum, Giritengah, Karanganyar, Kembanglimus, Ngadiharjo, Majaksingi dan Candirejo.

Bantuan 112 ribu liter air atau setara dengan 28 truk tangki air ini dihadirkan untuk merespon kondisi kekeringan yang dialami warga masyarakat di wilayah Borobudur dan sekitarnya. Kebutuhan air bersih menjadi kebutuhan pokok yang digunakan untuk berbagai keperluan rumah tangga.

“Kami merespon kondisi kekeringan yang terjadi pada warga melalui pengadaan air bersih ini. Kehadiran bantuan ini, semoga bisa meringankan beban warga serta menunjukkan kepedulian kami terhadap kondisi masyarakat di sekitar destinasi,” jelas Corporate Secretary PT TWC AY Suhartanto.

Ketua FPRB Borobudur Nur Fauzan mengatakan bahwa sejak enam bulan lamanya, kawasan Borobudur belum turun hujan dengan intensitas tinggi, sehingga sumber air yang dimiliki warga mengalami kekeringan. Hal ini turut memperparah kondisi kekeringan yang melanda warga di Borobudur ini.

“Hampir tiga kali dalam sehari kami mendistribusikan air bersih ke warga. Ini terus kami lakukan selama berbulan-bulan, sampai hujan turun dengan intensitas tinggi dan dalam jangka waktu lama, karena di wilayah ini, hujan selama seminggu pun, belum tentu air akan langsung muncul,” terangnya.

Nur Fauzan mengatakan bahwa bantuan air bersih dari PT TWC ini akan disalurkan selama 8 hari yang terbagi pada delapan desa di Borobudur. Bantuan ini turut memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat Borobudur.

“Kami terus berkoordinasi dengan PT TWC dalam mengurangi dampak kekeringan pada warga. Selain kebutuhan air bersih, kami juga bersinergi pada sarana transportasi berupa truk tangki untuk mengangkut air bersih yang disediakan juga oleh PT TWC. Semoga, kolaborasi ini bisa terus berlangsung,” jelasnya.

Kepala Dusun Prembulan, Desa Tegalarum, Borobudur, Rifai, berterima kasih atas bantuan air bersih yang disalurkan PT TWC ini. Bantuan sebanyak empat ribu liter air ini bisa memenuhi kebutuhan 280 Kepala Keluarga di dusunnya.

“Kami berterima kasih atas bantuan yang diberikan oleh PT TWC. Tentunya, bantuan ini dapat mengurangi beban warga, dalam memenuhi kebutuhan air bersih bagi keluarganya,” jelasnya.

Sebelumnya, PT TWC juga menyalurkan lima ribu liter air bersih bagi warga di Padukuhan Tungu, Kelurahan Girimulyo, Kapanewon Panggang, Gunungkidul, DI Yogyakarta. Hal ini merupakan kepedulian PT TWC terhadap warga yang terdampak bencana kekeringan akibat musim kemarau yang berkepanjangan di Indonesia.

“Kami juga berharap ada sinergi berbagai pihak untuk mengentaskan permasalahan yang selalu datang tiap tahun ini. Kita bisa berkolaborasi untuk menghadirkan solusi yang lebih berkesinambungan dan bisa dimanfaatkan masyarakat luas,” pungkas AY Suhartanto.