download

PT TWC Hadirkan Blessing in Harmony Sambut Masa Ramai Libur Natal dan Tahun Baru

6 minutes

PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (TWC) menghadirkan program Blessing in Harmony, sebagai rangkaian event di destinasi Taman Wisata Candi untuk menyambut musim libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Program ini akan berlangsung sepanjang masa ramai di destinasi TWC, mulai tanggal 23 Desember 2023 sampai 1 Januari 2024.

Blessing in Harmony mengiringi momen pergantian tahun melalui aktivitas wisata heritage, yang memadukan aktivitas natural, spiritual dan sosial, yang selaras dengan nilai-nilai pariwisata berkualitas dan berkelanjutan. Agenda ini diharapkan bisa memberi pengalaman yang tak terlupakan, menyemai sukacita dan kebahagiaan bagi wisatawan.

Blessing in Harmony menghadirkan beragam aktivitas wisata bermotif heritage, antara lain Pabbajja Samanera Sementara di area Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Swara Prambanan dan Sinema Rakyat (Sinnera) di TWC Prambanan, Boko Last Sunset di Taman Wisata Candi Keraton Ratu Boko, First Sunrise, Pertunjukan Sendratari Ramayana, Dramatari Roro Jonggrang dan Shinta Obong di area Teater & Pentas Ramayana Prambanan, serta acara Brilliant Red Christmas dan Wild West New Year Dinner di The Manohara Hotel Yogyakarta.

Melalui rangkaian program Blessing in Harmony yang berlangsung dari tanggal 23 Desember 2023 sampai 1 Januari 2024 ini, PT TWC memprediksi jumlah kunjungan sebanyak 557 ribu wisatawan. Jumlah kunjungan ini mengalami kenaikan sebesar 14 persen dari jumlah kunjungan wisatawan di masa Nataru tahun lalu.

Direktur Utama PT TWC Febrina Intan mengatakan bahwa Blessing in Harmony akan mewarnai keseruan libur Natal dan Tahun Baru kali ini. Ragam event dan aktivitas wisata yang dihadirkan, menambah khazanah aktivitas wisata di kawasan DI Yogyakarta dan Jawa Tengah. Menurutnya, hal ini justru akan menambah daya tarik dan minat kunjungan wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia. 

Blessing in Harmony mengekspresikan harapan dan semangat menciptakan pengalaman baru yang lebih berkesan di masa mendatang. Momentum ini diharapkan bisa membawa suasana kegembiraan yang menarik kunjungan wisatawan dan memberi dampak luas terhadap peningkatan perekonomian di kawasan,” jelasnya.

Pada masa ramai Nataru ini,  jam operasional loket tiket Taman Wisata Candi Borobudur buka mulai pukul 06.30–16.30 WIB. Jam operasional loket tiket Taman Wisata Candi Prambanan dimulai pukul 06.00–17.00 WIB. Untuk loket tiket Keraton Ratu Boko waktu operasional mulai pukul 07.00 –17.00 WIB. Sementara untuk Taman Mini Indonesia Indah mulai pukul 08.00 – 22.00 WIB.

Selama masa ramai Nataru, jadwal pementasan Sendratari Ramayana di tanggal 23, 26 , 28, 30 Desember pada pukul 19.30 WIB. Sendratari Ramayana juga pentas di tanggal 27 dan 29 Desember pada pukul 16.00 WIB.

Sementara, jadwal pertunjukan Drama Tari Roro Jonggrang di tanggal 24, 25, 27, 29, dan 31 Desember 2023 serta tanggal 1 Januari 2024 pada pukul 19.30 WIB. Sementara di tanggal 26, 28 dan 30 Desember 2023, pentas pada pukul 16.00 WIB.

PT TWC memastikan kesiapan destinasinya untuk dikunjungi wisatawan di masa ramai Nataru ini. Sejumlah persiapan intensif sudah dilakukan, mulai dengan evaluasi kondisi eksisting, pengecekan sarana dan prasarana pendukung, serta mempersiapkan prosedur operasional pelayanan di destinasi.

Dukungan operasional yang proporsional terus ditingkatkan, dengan mengalokasikan loket dan parkir kendaraan cadangan yang bekerja sama dengan warga sekitar. Selain itu, PT TWC juga menambah jumlah customer service di lapangan untuk melayani wisatawan. Sejumlah perlengkapan medis dan fasilitas kebersihan dan keamanan juga ditingkatkan untuk menghadirkan keamanan dan kenyamanan wisatawan.

Selain itu, PT TWC juga menggandeng TNI, Polri, Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) Wilayah X,  Museum dan Cagar Budaya (MCB) Warisan Dunia Borobudur serta masyarakat sekitar untuk mendukung terselenggaranya pelayanan prima di destinasi TWC.

“Mitigasi jadi langkah awal untuk menghadirkan pelayanan prima di destinasi. Hal ini diharapkan turut menghadirkan rasa aman, nyaman dan menyenangkan di destinasi TWC,” jelasnya.

Di destinasi Taman Wisata Candi Borobudur diadakan Pabbajja Samanera Sementara yang diikuti oleh 500 peserta serta ribuan panitia dari berbagai daerah di Indonesia. Kegiatan yang berlangsung selama 10 hari ini merupakan bentuk pengenalan kehidupan monastik, sekaligus pelatihan moral dan spiritual yang dibimbing oleh Bhikkhu Sangha, dengan meninggalkan kehidupan duniawi dan mendalami laku spiritual.

Swara Prambanan menjadi event spesial yang khusus dihadirkan untuk momen pergantian tahun di destinasi Taman Wisata Candi Prambanan. Konser akhir tahun bertajuk “Akhir Senja 2023” ini dimeriahkan oleh sejumlah musisi terbaik Indonesia, di antaranya Sheila on Seven, Jikustik, Kunto Aji, Shaggy Dog, Ndarboy Genk dan Jogja Hip Hop Foundation. Sajian istimewa yang menjadi puncak perayaan pergantian tahun ini menjadi satu event yang menghadirkan pengalaman bermakna serta penuh sukacita dengan latar kemegahan Candi Prambanan.

Di Taman Wisata Keraton Ratu Boko menghadirkan Boko Last Sunset yang menjadi satu signature event memorable dan berkesan dari kompleks keraton yang dibangun abad ke-8 oleh Wangsa Syailendra ini. Wisatawan ditawarkan dengan momen matahari terbenam terakhir di tahun 2023 sambil menikmati early dinner di Andrawina Resto. 

Untuk memeriahkan destinasi Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Keraton Ratu Boko, turut dihadirkan sejumlah pertunjukan seni tradisional seperti cokekan, siteran, keroncong, gejog lesung, seni tradisional, akustik dari masyarakat sekitar.

Pementasan Sendratari Ramayana dan Roro Jonggrang masih menjadi pertunjukan khas yang ada di Yogyakarta. Sajian ini bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan untuk mengetahui lebih dalam tentang cerita fenomenal yang ada di Candi Prambanan.

First Sunrise di Candi Prambanan merupakan satu pengalaman yang tentu tak boleh terlewatkan. Aktivitas wisata otentik ini menghadirkan suguhan panorama mempesona jelang matahari terbit dari ufuk timur. Peserta First Sunrise juga disuguhi sajian tradisional dan live cooking sebagai menu sarapan yang sungguh menggoda.

Pada malam pergantian tahun, The Manohara Hotel Yogyakarta menawarkan event Wild West di mana pengunjung disuguhi dengan dekorasi makan malam bernuansa American Cowboy. Hotel bintang 4 ini juga memiliki aktivitas menarik pada festive season kali ini, di antaranya Brilliant Christmas Red Christmas Dinner dan Wild West New Year Eve Dinner.

Tidak ketinggalan, Taman Mini Indonesia Indah sebagai salah satu theme park terbesar di Indonesia turut memanjakan pengunjung dengan berbagai hiburan kesenian dan pesta rakyat seperti konser musik 12 hari bertajuk “OneThereLand”, atraksi unggulan Dancing Fountain Tirta Cerita dan kegiatan rekreasi lainnya seperti taman burung, taman reptil, wahana kereta gantung atau piknik santai bersama keluarga di area terbuka hijau di seluruh sudut Taman Mini Indonesia Indah.

PT TWC juga turut mengajak wisatawan untuk terlibat dalam aktivitas peduli kelestarian lingkungan. Hal ini diwujudkan dengan mengajak pengunjung pertama destinasi TWC Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko untuk melakukan penanaman pohon di destinasi Taman Wisata Candi. Program ini merupakan bentuk engaging kepada customer destinasi sekaligus mengajak mereka peduli terhadap kelestarian lingkungan di kawasan TWC.

“Seluruh agenda ini merupakan wujud harapan serta konsistensi kita semua dalam menghadirkan destinasi wisata yang berkualitas dan berkelanjutan. Kami berharap, masyarakat dapat turut serta dan mendukung kami untuk memajukan pariwisata di Indonesia,” pungkas Febrina Intan.