download

Festival Swara Prambanan 2023 Sukses hadirkan Kemeriahan Jelang Momen Pergantian Tahun

3 minutes

Festival Swara Prambanan sebagai Festival pertama persembahan PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko sukses digelar untuk meramaikan momen tahun baru. Belasan ribu penonton berkumpul di Lapangan Brahmana, Taman Wisata Candi (TWC) Prambanan untuk menikmati jajaran musisi papan atas yang tampil di Swara Prambanan pada hari Minggu (31/12/2023).

Swara Prambanan berkolaborasi dengan seniman-seniman Yogyakarta untuk memperkenalkan ragam kekayaan seni budaya Yogyakarta. Acara yang memperkuat atmosfer kawasan heritage Warisan Budaya Dunia ini mengusung tema membangun bukti cinta Ke-1000.

Begitu pintu masuk dibuka, Warga Swara (sebutan penonton Swara Prambanan), langsung menyerbu instalasi patung “Memory Of Love“ dan mengabadikannya dengan ber-selfie. Tak hanya menyaksikan pertunjukan musik, Warga Swara bisa menikmati dan ikut menghasilkan karya seni seperti melukis dan bermain layangan bersama komunitas Talikama serta mengikuti workshop Wayang Suket dari komunitas Wayang Suket Indonesia.

Masih di area yang sama, ada pula pottery workshop dari Citrus Ceramics yang menawarkan ekspolarasi kreativitas bagi pengunjung. Tak hanya itu, Swara Prambanan juga menghadirkan area buat pecinta film, yaitu Sinema Swara yang menawarkan hiburan berkelas dengan tayangan film pendek karya sineas berbakat asal Yogyakarta, seperti film Golek Garwo, Anak Lanang, dan Lebaran dari Hong Kong.

Direktur Utama PT TWC Febrina Intan menuturkan antusiasme yang tinggi dari masyarakat membuat pihaknya berusaha dengan optimal. Dia memastikan para pengunjung bisa menikmati gelaran Swara Prambanan 2023.

“Kami berupaya untuk menghadirkan pelayanan optimal bagi para pengunjung. Mulai dari mereka datang, hingga mereka kembali ke rumah masing-masing. Berbagai aspek wisata coba kami penuhi untuk memastikan pengalaman mereka berkunjung ke Prambanan bisa menghadirkan pengalaman yang berkesan,” ujar Febriana Intan.

Sementara itu, CEO Antara Suara selaku promotor Swara Prambanan, Andri Verraning Ayu, mengatakan bahwa pihaknya menghadirkan sebuah pengalaman baru bagi para pengunjung.

“Kami ingin memberikan pengalaman bagi para penikmat musik tanah air untuk merayakan momen tahun baru di Candi Prambanan. Semalam suntuk kami mengajak segenap peserta untuk berdendang bergoyang bersama dan merayakan pergantian tahun,” terangnya.

Jajaran musisi yang tampil di Swara Prambanan 2024 hadir dari beragam genre. Hal ini merupakan upaya festival tersebut untuk memastikan berbagai layer penonton bisa menikmati acara.

Sheila on 7 merupakan penampil utama yang menghibur penonton di acara puncak Swara Prambanan. Lantunan lagu-lagu memorable band tersebut menemani momen hitung mundur pergantian tahun Warga Swara. Penonton yang hadir antusias ikut bernyanyi sambil menyaksikan semarak kembang api diiringi lagu Sheila On 7.

Selain band legendaris Sheila On 7, Swara Prambanan menghadirkan para musisi asli Yogyakarta. Ada Jikustik, Kunto Aji, Jogja Hiphop Foundation, Shaggydog, Ndarboy Genk, Sendratari Ramayana, hingga komunitas seni. Festival ditutup oleh pesta kembang api dengan hentak musik hiphop yang energik dari Jogja Hiphop Foundation.