download

Dorong Pemahaman tentang Pencegahan Kebakaran, PT TWC Gandeng Damkar Sleman Adakan Pelatihan Penanggulangan Kebakaran

2 minutes

PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko mengadakan pelatihan dan refreshment pencegahan dan penanggulangan bencana kebakaran di lingkungan kerja di Keraton Ratu Boko, Rabu (6/3/2024). Pelatihan yang diikuti oleh puluhan karyawan-karyawati dari unit kerja TWC Unit Prambanan dan Keraton Ratu Boko ini turut menggandeng instansi Pemadam Kebakaran Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Pgs Manager of Health, Safety, Security and Environment (HSSE) PT TWC Marjono menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk antisipasi terhadap bencana kebakaran sekaligus membangun tanggung jawab untuk menghadirkan lingkungan kerja yang aman dan nyaman bagi semua pihak.

“Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk memberikan edukasi dan pengetahuan tentang api dan kebakaran, serta cara mengatasi dan mengendalikannya ketika terjadi peristiwa kebakaran. Kegiatan pelatihan ini juga membangun kesadaran akan pentingnya pencegahan dan penanganan secara efektif,” jelasnya.

Pelatihan ini diisi oleh materi yang disampaikan langsung oleh Kasi Pencegahan Kebakaran Damkar Kabupaten Sleman, Suwandi, meliputi teori terbentuknya api, jenis-jenis kebakaran, jenis-jenis peralatan penanggulangan kebakaran, serta upaya yang dilakukan untuk mencegah kebakaran.

Dalam kegiatan ini, peserta juga mempraktikkan pemadaman api dalam skala kecil. Kegiatan praktik dilakukan dengan peralatan pemadaman tradisional, antara lain dengan menggunakan handuk yang dibasahkan dengan air dan juga peralatan pemadaman yang lebih modern seperti Alat Pemadam Api Ringan (APAR).

“Kami mengapresiasi kegiatan ini, yang selaras juga dengan agenda kami dalam rangka pemberdayaan masyarakat dengan membangun kesadaran untuk penanganan kebakaran. Mengingat, pemadam kebakaran itu tidak hanya tanggung jawab pemda saja, namun peran masyarakat, dunia pendidikan, dunia usaha harus ikut berperan aktif dalam penanganan kebencanaan khususnya bencana kebakaran ini,” terang Suwandi.

Salah satu peserta pelatihan, Caterine, mengatakan bahwa dirinya belajar banyak tentang hal-hal berkaitan dengan kebakaran, baik teori maupun praktek serta bagaimana pencegahan dan penanggulanangannya.

“Pelatihan ini menurutku sangat penting dan perlu dimengerti oleh setiap insan agar bisa lebih aware terhadap keselamatan kerja, dan dapat menangani secara langsung bagaimana memadamkan api apabila terjadi kebakaran di lingkungan kerja,” katanya.

Sementara itu, HSSE Officer Wahyudi, menjelaskan bahwa program intensif ini diadakan rutin setiap tahunnya dan dilakukan di seluruh unit kerja di lingkungan PT TWC. Selain pelatihan pencegahan kebakaran, PT TWC juga menghadirkan pelatihan-pelatihan K3 lainnya.

“Kami berharap, pelatihan-pelatihan ini bisa berkelanjutan, dimengerti dan dipraktikkan langsung oleh semua karyawan-karyawati. Hal ini supaya kita bisa lebih optimal dalam melindungi diri sendiri, karyawan, pengunjung dan inventaris perusahaan serta menghadirkan lingkungan kerja yang aman dan nyaman bagi semua pihak,” pungkasnya.